Langsung ke konten utama

Sleman Sediakan Pojok Konseling bagi ASN


Penuhi hak – hak Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan (BKPP) Kabupaten Sleman sediakan program Counseling Corner bagi ASN. Melalui program tersebut para ASN mendapatkan layanan konseling yang diharapkan dapat meminimalisir berbagai permasalahan yang dihadapi, sehingga  ASN dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Karyawan BKPP Sleman Sri Wahyuni menjelaskan bahwa layanan yang sudah ada sejak tahun 2011 tersebut dapat manfaatkan oleh ASN Kabupaten Sleman dua kali dalam seminggu mulai yaitu setiap hari Selasa dan Kamis, mulai pukul 08.00 WIB s.d 14.30 WIB bertempat di Ruang “Counseling Corner” Lantai III BKPP Kabupaten Sleman.

Para ASN yang datang ke Counseling Corner BKPP Sleman akan mendapatkan layanan konseling yang ditangani oleh ahli dibidang Psikolog. Adapun layanan yang didapatkan meliputi, konselingpProblematika, konseling pra-nikah dan konseling pengembangan diri (karir).

“PNS itu kan selaku manusia biasa, dalam hidupnya kan pasti mengalami permasalahan.  Dengan Program tersebut diharapkan permasalahan internal dan eksternal dapat diselesaikan, sehingga dapat meningkatakan kinerja dan pelayanan yang prima Kepada masyarakat,” kata Wahyuni disela-sela kegiatan Sosialiasasi Program Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian oleh PT TASPEN (Persero), pada Kamis (28/2) di Ruang Bima BKPP Sleman.

Ia mengatakan perlunya adanya Counseling Corner tersebut dikarena banyak dari para ASN yang mempunyai masalah diluar lingkup pekerjaan, namun mempengaruhi kinerja di kantor. “Supaya kinerja ASN tetap baik mendorongnya adalah lewat konseling ini. Masalah apapun boleh dibicarakan disini, bukan hanya terkait pekerjaan tapi bisa masalah keluarga, pengasuhan, konflik. Ini juga bisa sebagai pengembangan karir, agar motivasinya terus meningkatm,”katanya

Sementara itu, Psiokolog Counseling Corner BKPP Sleman Wirdatul Anisa, ketika ditemui diwaktu berbeda mengatakan prosedur untuk mendapatakan pelayanan tersebut, ASN bisa datang langsung ke Ruang Counseling Corner BKPP Sleman atau jemput bola jika memang di OPD tersebut terdapat 3 orang atau lebih yang akan melakukan konseling.

Ia mengakui antusiasme ASN yang menggunakan layanan tersebut cukup ramai sejak didirikannya Counseling Corner tersebut, “Awal dulu memang kebanyakan  jemput bola dan ada juga dari instansi untuk menugaskan karyawannya langsung kesini. Tapi semakin lama semakin banyak yang tau, ada juga yang mengajukan sendiri, nelfon minta mau konseling,” ungkapnya.

Dukung Mas Akhid Nur Setiawan, S.Kep.
untuk menjadi anggota dewan
DPRD Kabupaten Sleman periode 2019-2024
dengan menekan tombol di bawah ini:



Sumber: http://www.slemankab.go.id/14342/pemkab-sleman-miliki-layanan-konseling-bagi-asn.slm